Konsep Perilaku Konsumen
REVIEW MATERI PERTEMUAN 3
MARI KITA BAHASS!!!
konsumen adalah orang yang merupakan pengguna akhir dari suatu barang atau jasa sedangkan Pelanggan adalah orang yang membeli barang . Seorang pengguna belum tentu adalah pelanggan dan seorang pelanggan bisa termasuk konsumen atau bisa juga tidak. Mengapa demikian , karena seorang pelanggan membeli bahan baku untuk diolah menjadi barang jadi untuk dijual , maka pembeli tersebut menjadi pelanggan tetapi tidak menjadi konsumen , karena tidak menjadi pengguna akhir dari bahan baku tersebut . Beda hal nya dengan seorang konsumen, dalam hal ini konsumen menjadi pengguna akhir dari suatu barang dan digunakan oleh mereka sesuai kebutuhan yang dibutuhkannya.
2. PEMBAHASAN SELANJUT NYA ,PERILAKU KONSUMEN DAN STRATEGI PEMASARAN
Dalam merencanakan atau mengimplementasikan pelayanan prima perlu memperlajari perilaku konsumen. Ada perbedaan antara pandangan kognitif dan perilaku konsumen . Pada pandangan kognitif ,dalam mengkaji konsumen lebih di fokuskan pada apa yang dipikirkan dan dirasakan oleh konsumen. Sedangkan pada pendekatan perilaku konsumen lebih menekankan pada perilaku nyata apa yang dilakukan, yaitu perilaku yang dapat diamati langsung dan diukur.
Adapun perbedaan posisi dan asumsi dibagi menjadi tiga yaitu perbedaan posisi dan asumsi, pendekatan perilaku, dan pendekatan kognitif. pada pendekatan tahap riset di bagi menjadi tiga yaitu dimensi riset, pendekatan riset, pendekatan kognif. Pandanngan pemasaran terdapat antara lain masalah pemasaran , perilaku konsumen , dan pendekatan kognitif.
3. MANFAAT PERILAKU KONSUMEN
Manfaat bagi pemasaran antara lain :
- membujuk konsumen untuk membeli produk yang dipasarkan
- memahami konsumen dalam berperilaku
- memahami mengapa dan bagaimana konsumen mengambil keputusan
- sebagai initiator
- sebagai influencer
- sebagai gate keeper
- sebagai decision
- sebagai buyer
- sebagai preparer
- sebagai user
- sebagai maintencer
- sebagai organizer
- daya tarik seleb
- daya tarik tenaga ahli
- daya tarik orang biasa
- daya tarik juru bicara karyawan
- daya tarik kelompok acuan lain
- nilai
- norma
- kebiasaan
- larangan
- mitos
- simbol
- usia
- agama
- suku bangsa
- pendapatan
- jenis kelamin
- status perkawinan
- pekerjaan
- lokasi geografi
- pengenalan kebutuhan
- pencarian informasi
- evaluasi alternatif
- keputusan pembelian
Komentar
Posting Komentar