Konsep Perilaku Konsumen

 

REVIEW MATERI PERTEMUAN 3 

1. APA PERBEDAAN ANTARA KONSUMEN DAN PELANGGAN YA ?? 

MARI KITA BAHASS!!!

    konsumen adalah orang yang merupakan pengguna akhir dari suatu barang atau jasa sedangkan Pelanggan adalah orang yang membeli barang . Seorang pengguna belum tentu adalah pelanggan dan seorang pelanggan bisa termasuk konsumen atau bisa juga tidak. Mengapa demikian , karena seorang pelanggan membeli bahan baku untuk diolah menjadi barang jadi untuk dijual , maka pembeli tersebut menjadi pelanggan tetapi tidak menjadi konsumen , karena tidak menjadi pengguna akhir dari bahan baku tersebut . Beda hal nya dengan seorang konsumen, dalam hal ini konsumen menjadi pengguna akhir dari suatu barang dan digunakan oleh mereka sesuai kebutuhan yang dibutuhkannya.

2.  PEMBAHASAN SELANJUT NYA ,PERILAKU KONSUMEN DAN STRATEGI PEMASARAN 

       Dalam merencanakan atau mengimplementasikan pelayanan prima perlu memperlajari perilaku konsumen. Ada perbedaan antara pandangan kognitif dan perilaku konsumen . Pada pandangan kognitif ,dalam mengkaji konsumen lebih di fokuskan pada apa yang dipikirkan dan dirasakan oleh konsumen. Sedangkan  pada pendekatan perilaku konsumen lebih menekankan pada perilaku nyata apa yang dilakukan, yaitu perilaku yang dapat diamati langsung dan diukur. 

    Adapun perbedaan posisi dan asumsi dibagi menjadi tiga yaitu perbedaan posisi dan asumsi, pendekatan perilaku, dan pendekatan kognitif. pada pendekatan tahap riset di bagi menjadi tiga yaitu dimensi riset, pendekatan riset, pendekatan kognif. Pandanngan pemasaran terdapat antara lain masalah pemasaran , perilaku konsumen , dan pendekatan kognitif. 

3.  MANFAAT PERILAKU KONSUMEN

Manfaat bagi pemasaran antara lain :

  • membujuk konsumen untuk membeli produk yang dipasarkan
  • memahami konsumen dalam berperilaku
  • memahami mengapa dan bagaimana konsumen mengambil keputusan 
Manfaat bagi pemerintah sebagai dasar perumusan kebujakan publik dan perundang-undangan untuk melindungi konsumen.
4. FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN 
    Faktor yang sangat mempengaruhi perilaku konsumen itu adalah lingkungan. faktor lingkungan ini dibagi menjadi dua yaitu lingkungan Makro dan lingkungan Mikro .
Lingkungan Mikro ( keluarga) yaitu :
  • sebagai initiator
  • sebagai influencer
  • sebagai gate keeper
  • sebagai decision
  • sebagai buyer
  • sebagai preparer
  • sebagai user
  • sebagai maintencer
  • sebagai organizer
Lingkungan mikro ( kelompok) yaitu :
  • daya tarik seleb
  • daya tarik tenaga ahli
  • daya tarik orang biasa 
  • daya tarik juru bicara karyawan
  • daya tarik kelompok acuan lain
Lingkungan Makro (.faktor budaya ) yaitu :
  • nilai
  • norma
  • kebiasaan 
  • larangan 
  • mitos 
  • simbol
Lingkungan Makro ( faktor demografi) yaitu :
  • usia
  • agama
  • suku bangsa
  • pendapatan 
  • jenis kelamin
  • status perkawinan
  • pekerjaan
  • lokasi geografi
5. PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELI 
       yaitu :
  • pengenalan kebutuhan
  • pencarian informasi
  • evaluasi alternatif
  • keputusan pembelian

Komentar

Postingan Populer