MATERI REVIEW PELAYANAN PRIMA
KONSEP PELAYANAN PRIMA
APA ITU PELAYANAN PRIMA ?
Pelayanan Prima atau juga dikenal dengan Excellent Service adalah sebuah usaha untuk memberikan pelayanan terbaik dari suatu instansi atau organisasi terhadap para konsumen, dengan mengutamakan kepuasan para pelanggan nya. Pelayanan yang diberikan harus sama dan adil antara konsumen satu dengan konsumen lain nya . Hal ini dilakukan agar pelanggan menjadi puas sehingga dapat meningkatkan aspek yang menguntungkan bagi para pelaku pelayanan prima .
Pelayanan Prima memiliki beberapa tujuan antara lain :
- untuk memberikan pelayanan yang bermutu tinggi kepada pelanggan
- untuk menimbulkan keputusan dari pihak pelanggan agar segera membeli
- untuk menumbuhkan rasa kepercayaan pelanggan
- untuk menciptakan kepuasan pelanggan
- untuk mempertahankan pelanggan
Bentuk dari Pelayanan Prima ada dua sektor yaitu pelayan prima pada sektor publik (pemerintah) dan pelayanan prima pada sektor swasta (bisnis). Pelayanan prima pada sektor publik tidaklah bertujuan untuk mencari keuntungan, justru masyarakat menjadi terbebani atau terpedaya dengan pelayanan dari pemerintah yang diterima. Contoh nya layanan BPJS kesehatan . Namun pada sektor swasta tentunya pelayanan selalu bertujuan atau berorientasi pada keuntungan perusahaan .
Manfaat pelayanan prima pada sektor publik untuk mendapatkan atau mempertahankan kepercayaan namun, sampai saat ini buruknya kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah terutama disektor pelayanan publik . masyarakat menggira para apartur pemerintah itu tidak menjalankan tugas nya dengan baik. Adapun manfaat pelayan prima pada sektor swasta yaitu : (1) memenangkan persaingan (2) memberikan keuntungan (3) mempertahan pelanggan (4) mengundang pelanggan baru (5) citra perusahaan menjadi baik.
pada pelayan prima sektor swasta juga memiliki beberapa prinsip yaitu :
- perhatian, yaitu kepedulian terhadap kebutuhan pelanggan
- tindakan, yaitu kegiatan nyata yang harus dilakukan dalam memberi pelayanan terbaik terhadap pelanggan
- tanggung jawab, yaitu sikap keberpihakan kepada pelanggan sebagai wujud kepedulian untuk menghindari ketidakpuasan pelanggan
pada pelayanan prima sektor publik juga memiliki beberapa prinsip antara lain:
- kesederhanaan
- reliabilitas
- tanggung jawab
- kecakapan
- keramahan
- keterbukaan
- komunikasi
- kredibilitas
- keaman
- mengerti
- kenyataan
- efisien
- dan ekonomis .
Komentar
Posting Komentar